suharti

Suharti adalah seorang guru yang mengajar di SMK N 1 Sawahlunto. Program Keahlian Administrasi Perkantoran...

Selengkapnya
Navigasi Web
DAHSATNYA KATA-KATA
XII OTKP

DAHSATNYA KATA-KATA

Mengajak orang lain untuk melakukan sesuatu kegiatan tidaklah mudah, apalagi yang sifatnya menggerakkan hati manusia untuk berbuat amal kebaikan. Pada dasarnya hati manusia itu berada pada jari jemari Allah SWT, Dialah yang mampu mengubah dan membolak balikkan hati.

Sebagai pendidik, tugas kita adalah bagaimana mengarahkan anak didik kita menuju perubahan ke arah positif sehingga mereka siap untuk hidup ditengah masyarakat dengan tidak melupakan akhlak baik yang harus terus dikembangkan.

Seperti biasa, setelah dauroh di aula sekolah setiap Jum'at pagi, di jam pertama pembelajaran setelah pembacaan doa, ada kegiatan mengumpulkan infak. Sebagai guru yang mengajar di kelas itu bertugas mengingatkan dan membimbing kegiatan tersebut beberapa menit sebelum kegiatan belajar dimulai.

Semester 1 ini di hari Jumat saya mengajar di kelas XII OTKP 2. Mereka sudah sangat hafal dengan kebiasaan saya. Setiap pengumpulan infak atau sumbangan sosial saya dengan senang hati bertindak sebagai petugas pengumpul infak dan berjalan menuju meja siswa masing-masing.

Setiap kali akan memulai kegiatan selalu saya ingatkan dengan kata-kata dan kalimat "Ayo Nak, berikan infak terbaikmu di hari Jumat ini, biar banyak.. asalkan iklas". Sudah bertahun-tahun kalimat ini saya ucapkan sebagai motivasi bagi siswa untuk berinfak yang terbaik. awalnya dulu mereka bingung dan mentertawakan saya. "Mana ada istilah itu Bu", kata mereka.

Saya menjelaskan bahwa sebenarnya dengan kita menginfakkan harta kita hari ini adalah untuk kita sendiri, itulah harta yang sebenarnya milik kita. Jadi semakin banyak ananda menginfakkan harta yang dimiliki maka in shaa allah di hari akhir nanti apa yang kita berikan hari ini akan dibalas Allah SWT dengan kebaikan pula.

"Bu, biasanya kami mendengar istilah biar sedikit asal ikhlas", protes mereka lagi. "Nak, ketika ibu katakan biar sedikit asal iklas, maka ibu yakin bahwa kalian akan memberikan infak dengan memilih nominal yang ada di sakumu yang terkecil dari yang kecil. Sementara ketika ibu katakan biar banyak asal ikhlas, maka kamu akan berlomba memberikan infak terbaikmu dengan nominal yang besar, bukankah demikian nak?", tanya saya setelah menjelaskan. "Iya, bu. Benar kata Ibu", jawab mereka bersahutan dambil mengangguk-anggukkan kepala.

"Ayo, niatkan karena Allah, Bismillah silahkan kamu masukkan infak terbaikmu hari ini", ucap saya sambil berjalan. Dan ternyata, setelah terkumpul dan dihitung bersama hasilnya.... luar biasa. Ma shaa Allah. "Alhamdulillah bu, infak terbaik kita hari ini jumlahnya besar", ucap mereka.

Begitulah selalu setiap awal semester biasanya kelas tempat saya mengajar di jam pertama di hari Jumat selalu berkomitmen, infak jumat depan harus lebih banyak dari jumat minggu ini, atau setidaknya sama. dan terlihat wajah bahagia mereka saat diumumkan pengumpul infak terbanyak setiap minggunya adalah kelas mereka. Ucapan syukur dan pelukan hangat diantara mereka buka bermakna ria, tapi saya mengartikan mereka bahagia telah membangun kebersamaan dalam berinfak dan mengeluarkan infak terbaiknya.

Ketika istilah biar sedikit asal ikhlas maka hasil yang didapatkan di kelas itu adalah infak terkecil, namun begitu saya mengubah kata-kata biar banyak asal ikhlas maka terbukti hasil infak mereka melesat jauh diatas rata-rata. Subhanallah begitu dahsyatnya kata-kata. Semoga kalian istiqamah nak untuk berbuat baik, meskipun semester depan ibu tidak di kelas kalian di jam pertama jumat pagi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Salam literasi

13 Dec
Balas

salam literasi bunda

07 Jan
Balas



search

New Post